Cara Gampang Mencar Ilmu Matematika

Bagaimana cara menuntaskan Operasi Hitung bilangan Bulat ?

soal perkalian dan pembagian bilangan negative dan bilangan faktual pada persamaan matematika  untuk anak SD /Madrasah. 
Admin menawarkan tip-tip gampang sehingga siswa lebih gampang mengerti  dan memahami soal soal yang rumit sekalipun. Apabila soal tersebut sanggup dipahami dengan baik maka akan sanggup diselesaikan dengan cara mudah.  
Admin menandakan dengan pola yang sederhan dengan memakai kontanta (angka-angka) semoga lebih gampang dipahami.

Berikut pola soal dan penyelesaiannya :
2 + 3 = 5 =======> angka angka ditambahkan seperti  biasa                               
2 – 3 =  -1 ======> angka terbesar  yakni angka -3  dan terkecil yakni angka +2
-        3
                                                        +    2 
                                                _________  __                              
                                                          -    1

Angka -3 mempunyai nilai negative dan angka 2 mempunyai faktual maka angka terbesar dikurang terkecil 
yaitu angka 3 - 2 = 1, alasannya yakni 3 nilai negative (-3) Maka angka satu bernilai – 1. (negative 1)
 
 




-2 + 3 = 1   ====> angka  terbesar yakni angka 3 dan terkecil yakni angka negative 2 (-2)
                   
                                                + 3
                                                -  2
                                              _____ _            
                                                   1               


Angka 3 mempunyai nilai faktual dan angka -2 mempunyai negative  maka angka terbesar dikurang terkecil 
yaitu angka 3 - 2 = 1, alasannya yakni 3 nilai faktual (3) Maka angka satu bernilai  1. (positif 1)

 
 




-2 –  3 = - 5 ====> angka terbesar  yakni angka -3 (negative 3) dan terkecil adalah negative 2 (-2)
                                                - 3
                                                - 2       
                                                -----  +
                                                -5

Angka -3 mempunyai nilai negative dan angka -2 mempunyai negative alasannya yakni kedua angka memiliki 
nilai yang sama negative maka angka kedua angka ditambahkan  yaitu 3 + 2 = 5 
dan bernilai negative 5  (-5).

 
 




PERLU DI INGAT

Positif       x positif         = positif
Negative   x negative      = positif
Positif       x negative      = negative
Negative   x positif          = negative






 



Ini merupakan teori dasar ihwal penjumlahan dan pengurangan angka yang mempunyai nilai faktual dan negative, kemudian bagaimana dengan perkalian dan pembagian dan bagaimana cara mengerjakannya.
Harus diketahui bahwa perkalian dan pembagian :
                                                           
Begitu juga dengan operasi pembagian juga
memiliki hasil  yang sama dengan perkalian.
Misal :  2 x -3 = -6  ===> karena nilai 2 bernilai faktual dan nilai -3 Negative maka menghasilkan perkalian dengan nilai -6 (negative 6)                             

Contoh soal :  
                         
1.    Hasil dari(- 6 x (-3)) + (- 8 : 2) adalah
       A. – 22                     C. 14
      B. – 14                       D. 22 

PENYELESAIANNYA :


1. -6 x (-3)      = negative x negative = positif
                      = 18
2. -8 : 2          = negative : postif = negative
                      = -4
Jadi, 18 +(-4) = ada perkalian + x - = -
                      = 18 – 4 = 14
           


 
                            

jika ada operasi perkalian atau pembagian dan komplemen atau pengurangan maka didahulukan operasi perkalian atau tambahan.

2.  Hasil dari 35 + 8 x (-6) = ….
     A. 25                                               C. 13
     B. 20                                               D. -13

3. (-72) – (-8) : (-4) + 50 × 2 = . . . .
    a. 132                                              c. -8
    b. 26                                                d. -18

4.  Hasil dari 40 x 5 – 28 + (-55) : (-11) = . . . .
     a. 272                                             c. 106
     b. 177                                             d. -213

5. Hasil dari 24 + (60 ) : (3 x 4) yakni ... .
    A. 29                                                C. 3
    B. 19                                                D. 19

6.Hasil dari -25 + 39 x (-8)  adalah
   a. 337                                               c. – 287
   b. 287                                               d. – 337

7. 825 + ( -136 ) – ( 26 x 4 )  = …..
   a. 585                                               c. 485
   b. 558                                               d. 458

8.   -17 – 25 + (-24)  = ….
     A. – 66                                            C. 42
     B. – 42                                            D. 66

9.  Hasil dari 28 x (-43) : (-4)  = ….
    A. -1.204                                          C. 301
    B. -301                                             D. 1.204

10. Hasil dari 35 × (–46 + 50) – (–60) : 15 yakni . . . .
     A. –144                                          C. 51
     B. –51                                             D. 144

11. 125 x (-4) : ( 5 x 10)  =
     a. 5                                                 c. 10
     c. -10                                               d. -5

12. (-12) x (-8) + 80 +(-120)  =
     a. 46                                               c. 64
     b. – 56                                            d. -46

13. ( 12 x 25 ) – 28 + 125  =
     a. 237                                             c. 397
     b. 387                                             d. 367

14. ( - 19 ) – ( - 47 ) + ( - 35 ) =
      a. 101                                            c. – 101
      b.  7                                               d.  – 7
                                   
15.  ( - 23 ) – 15 + 9 =
      a. – 29                                           c. 17
      b.  – 17                                          d. 29

Semoga pola soal ini sanggup membantu melatih kemampuan .

untuk mempermudah dan melatih pembelajaran tersebut. Selamat mencoba semoga sukses pada ujian UTS dan UAS mendatang.
Dan ikuti pembahasan yang lain, Ikuti  dan sukai halaman ini…. Thanks

  

Related Posts :

0 Response to "Cara Gampang Mencar Ilmu Matematika"

Posting Komentar