Bagaimana cara menuntaskan Operasi Hitung bilangan Bulat ?
soal perkalian dan pembagian bilangan negative dan bilangan faktual pada persamaan matematika untuk anak SD /Madrasah.
Admin menawarkan tip-tip gampang sehingga siswa lebih gampang mengerti dan memahami soal soal yang rumit sekalipun. Apabila soal tersebut sanggup dipahami dengan baik maka akan sanggup diselesaikan dengan cara mudah.
Admin menandakan dengan pola yang sederhan dengan memakai kontanta (angka-angka) semoga lebih gampang dipahami.
Berikut pola soal dan penyelesaiannya :
2 + 3 = 5 =======> angka angka ditambahkan seperti biasa
2 – 3 = -1 ======> angka terbesar yakni angka -3 dan terkecil yakni angka +2
- 3
+ 2
_________ __
- 1
|
-2 + 3 = 1 ====> angka terbesar yakni angka 3 dan terkecil yakni angka negative 2 (-2)
+ 3
- 2
_____ _
1
|
-2 – 3 = - 5 ====> angka terbesar yakni angka -3 (negative 3) dan terkecil adalah negative 2 (-2)
- 3
- 2
----- +
-5
|
PERLU DI INGAT
|
Harus diketahui bahwa perkalian dan pembagian :
Begitu juga dengan operasi pembagian juga
memiliki hasil yang sama dengan perkalian.
Misal : 2 x -3 = -6 ===> karena nilai 2 bernilai faktual dan nilai -3 Negative maka menghasilkan perkalian dengan nilai -6 (negative 6)
Contoh soal :
1. Hasil dari(- 6 x (-3)) + (- 8 : 2) adalah
A. – 22 C. 14
B. – 14 D. 22
PENYELESAIANNYA :
|
jika ada operasi perkalian atau pembagian dan komplemen atau pengurangan maka didahulukan operasi perkalian atau tambahan.
2. Hasil dari 35 + 8 x (-6) = ….
A. 25 C. 13
B. 20 D. -13
3. (-72) – (-8) : (-4) + 50 × 2 = . . . .
a. 132 c. -8
b. 26 d. -18
4. Hasil dari 40 x 5 – 28 + (-55) : (-11) = . . . .
a. 272 c. 106
b. 177 d. -213
5. Hasil dari 24 + (−60 ) : (3 x 4) yakni ... .
A. 29 C. −3
B. 19 D. −19
6.Hasil dari -25 + 39 x (-8) adalah
a. 337 c. – 287
b. 287 d. – 337
7. 825 + ( -136 ) – ( 26 x 4 ) = …..
a. 585 c. 485
b. 558 d. 458
8. -17 – 25 + (-24) = ….
A. – 66 C. 42
B. – 42 D. 66
9. Hasil dari 28 x (-43) : (-4) = ….
A. -1.204 C. 301
B. -301 D. 1.204
10. Hasil dari 35 × (–46 + 50) – (–60) : 15 yakni . . . .
A. –144 C. 51
B. –51 D. 144
11. 125 x (-4) : ( 5 x 10) =
a. 5 c. 10
c. -10 d. -5
12. (-12) x (-8) + 80 +(-120) =
a. 46 c. 64
b. – 56 d. -46
13. ( 12 x 25 ) – 28 + 125 =
a. 237 c. 397
b. 387 d. 367
14. ( - 19 ) – ( - 47 ) + ( - 35 ) =
a. 101 c. – 101
b. 7 d. – 7
15. ( - 23 ) – 15 + 9 =
a. – 29 c. 17
b. – 17 d. 29
Semoga pola soal ini sanggup membantu melatih kemampuan .
untuk mempermudah dan melatih pembelajaran tersebut. Selamat mencoba semoga sukses pada ujian UTS dan UAS mendatang.
Dan ikuti pembahasan yang lain, Ikuti dan sukai halaman ini…. Thanks
0 Response to "Cara Gampang Mencar Ilmu Matematika"
Posting Komentar