Sedikit membuatkan TIPS dari pengalaman saya mengajar LES bagi bawah umur umur 3-6 tahun atau anak yang masih duduk di PAUD,TK.
Terkadang bawah umur kita masih belum mengenal huruf-huruf Alpabhet, dan juga belum sanggup memegang alat tulis dengan baik.
Beberapa cara banyak dilakukan oleh pembimbing disekolah tetapi mempunyai hasil yang begitu minim dan belum begitu memuaskan bagi bunda.
1. Melatih anak memegang alat tulis dengan benar dengan memakai tangan kanan, tetapi untuk menguatkan tangan dilatih dengan membiasakan bermain gunting-guntingan untuk memotong kertas. hal ini berkhasiat untuk melatih otot -otot jari dan pergelangan tangan saat anak menulis.
2. melatih anak anak menulis Huruf --huruf dari A hingga Z,, Jika anak tersebut belum mengenal abjad sama sekali maka diajarka menulis abjad dengan panduan abjad berupa Titik-titik yang membentuk abjad bayang, sehingga sang anak sanggup meneruskan dan mengambarkan abjad menjadi abjad yang sempurna, pada tahapan ini biasanya bawah umur mengalami kesulitan sebab terbiasa mengunakan alat tulis hanya untuk mencoret-coret buku, kertas dan dinding rumah. dan saat menulis dikertas dengan panduan garis putus-putus akan menyulitkan bagi sang anak. kebiasaan ini tidak akan belangsung usang sebab kalau rutin dilakukan maka sang anak akan terbiasa.
sehabis sang anak menulis abjad dari A hingga Z maka sang anak sudah mengenal abjad huruf tersebut dan sanggup mengucapkan nama nama abjad dengan baik.
3. Jika anak anak sudah sanggup menyebutkan abjad satu persatu maka dilanjutkan dengan membaca dua abjad dengan tidak mengeja seperti ba di baca ba dengan tidak dipisah, menyerupai Be dan a dibaca Ba, sebab anak akan mengalami kesulitan menyambung abjad saat harus di eja. hal ini dilakukan secara berulang ulang dan banyak memakan waktu yang cukup usang untuk menghabiskan semua huruf, pada tahap ini sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta daya ingat anak terhadap abjad huruf yang akan di baca. kalau seorang anak yang serius akan memakan waktu sekitar dua bulan atau lebih. Pada tahap ini berdasarkan pengalaman admin anak didik terlihat perbedaan kecerdasan, ada yang lupa dengan hurupnya kurang konsentrasi, terganggu dengan lingkungan, kalau dibaca sesering mungkin, mudah-mudahan sanggup lancar.
Jenis teks setiap anak berbeda tergantung dari daya ingat anak terhadap abjad yang di hapal oleh anak tersebut.
4. Menyalin goresan pena di papan tulis yang terdiri dari 15 kata hingga 25 kata, sehingga sambil menulis anak sanggup mengetahui abjad -huruf dan membaca goresan pena yang disalin akan memudahkan daya ingat. Tulisan yang sederhana untuk disalin dan dikenali olah anak menyerupai nama-nama buah yang dirangkai dengan kalimat, lagu-lagu anak, nama nama angka, atau hal hal yang terbiasa didengar oleh pendengaran anak tersebut.
5. Anak-anak yang sudah lancar membaca dan masih terlupa satu atau dua hurup sanggup di coba membaca kalimat kalimat yang pendek terdiri dari 4 hingga 6 hurup perkata, dan terdiri dari 20-30 kalimat. kalau lancar tanpa salah maka sang anak sudah sanggup membaca.
hingga disini admin memperlihatkan tip membaca bagi si buah hati kita . InsyaAllah anak anak sanggup membaca dengan lancar. sebab kalau masa sekolah dasar kelas 1, para siswa sudah membaca dengan lancar menyerupai teman-temannya.
Dari pengalaman Admin, Anak umur 4-6 tahun lebih gampang diajar membaca dan berhitung di bandingkan dengan anak yang terlambat atau sudah bersekolah tetapi belum sanggup membaca. dan kalau dibiarkan oleh orangtua maka anak akan merasa minder dan aib terhadap sahabat temanya yang kesudahannya akan mempengaruhi prestasi disekolah.
0 Response to "Membimbing Anak Membaca Untuk Tk, Sd Dan Paud"
Posting Komentar